JALANI AKREDITASI, PRODI MANAJEMEN TARGETKAN NILAI UNGGUL

 

Sumber: Dokumen Pribadi

Almaslahah.com – (02/11/2022) Akreditasi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sunan Ampel Surabaya dilaksanakan selama dua hari pada Senin (31/10/2022) dan Selasa (01/11/2022). Akreditasi ini dilakukan oleh pihak kampus bersama Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) dengan menunjuk Dr. Adi Indrayanto, S.E., M.Sc. dari Universitas Jenderal Soedirman dan Dr. Alimuddin Rizal, S.E. MM dari Universitas Stikubank sebagai asesor.

Beberapa aspek yang menjadi penilaian dalam akreditasi ini seperti pemeriksaan berkas, konfirmasi pengelolaan perguruan tinggi, pengecekan fasilitas, observasi proses belajar mengajar, dan konfirmasi kinerja dosen dan pelayanan kepuasan mahasiswa.

Saat ini, akreditasi tidak lagi menggunakan A, B, atau C sebagai standar penilaian. Melainkan digantikan dengan kriteria baik, baik sekali dan unggul. Deasy Tantriana, Ketua Program Studi Manajemen, menargetkan untuk mendapatkan nilai unggul.

“Target kita itu mencapai unggul” Ujarnya.

Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa akreditasi bukan hanya sekedar penilaian

“Akreditasi itu bukan sarana untuk menghakimi ini jelek atau buruk, tetapi untuk membimbing menjadi lebih baik” Tambahnya.

Saat sesi penyampaian feedback, Dr. Adi Indrayanto menyatakan bahwa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam memiliki peluang, mengingat jumlah penduduk muslim yang besar di Indonesia.

“Karena Indonesia juga sebagai negara muslim terbesar, ada banyak consent dari keluarga untuk kemudian bagaimana memberikan pendidikan yang seimbang antara pendidikan formal umum dan pendidikan agama. Dan saya kira, peluang terbesar dari FEBI UINSA ada di sana” Ujarnya

Beliau juga menambahkan bahwa pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di FEBI UINSA masih bisa dioptimalkan

“Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan), penelitian, (dan) pengabdian (kepada masyarakat) itu masih bisa dioptimalkan dengan melibatkan stakeholder yang terikat secara langsung dengan FEBI UINSA” Terangnya.

Sirajul Arifin, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, berharap mendapatkan hasil maksimal

“Harapan kami tentu adalah hasil yang terbaik. Tentu tergantung pada kemampuan kami. Itulah yang kemudian kami sajikan sebaik mungkin. Dan mudah mudahan juga akan mendapatkan nilai yang terbaik” Pungkasnya.


(Qonita Rahmah, Riska Alfiya S, Ahmad Fahri Azhar)