Kolaborasi DEMA FEBI UINSA, Keikraf, dan OJK Gelar Seminar Muda Paham Fintech

 

Sumber : Dokumen pribadi
sumber: dokumen pribadi
 

Al-Maslahah.com (27/07/2022). DEMA FEBI UINSA bersama KEIKRAF (Kewirausahaan dan Industri Ekonomi Kreatif) berkolaborasi dengan perusahaan Fintech Indonesia (OJK ) berhasil mengadakan Seminar dengan judul Makin Paham Inovasi Keuangan Masa Kini dengan tema Muda Paham Fintech. Seminar tersebut dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2022 di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Lt. 7 dengan tujuan supaya pemuda yang mengenal tentang keuangan itu lebih memahami apa itu financial technology.

“Untuk tema kali ini itu tema yang baru di fakultas kita yaitu Muda Paham Fintech, mengapa mengambil tema itu karena memang banyak pemuda yang mengenal tentang keuangan tetapi belum memahami apa itu financial technology, ujar Syahri selaku Ketua DEMA UINSA Surabaya.

Acara seminar kali ini sangat ramai dihadiri oleh mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dari berbagai semester. “Sesuai dengan judul seminarnya yaitu Makin Paham Inovasi Keuangan Masa Kini. Jadi saya ingin mengetahui inovasi keuangan masa kini apa aja yang ada di Indonesia. Lalu perbedaan platform yang sudah legal dan yang ilegal”, ujar Robiatuadawiah Mahasiswa Prodi Ilmu Ekonomi Semester 4.

Terdapat empat Pemateri dari berbagai Platform keuangan yang diundang sehingga mahasiswa selaku peserta bisa memperoleh literasi keuangan digital yang selama ini masih kurang diketahui oleh para mahasiswa. “Ada banyak Pemateri dari bisnis start up di Indonesia sehingga saya mengerti tentang financial technology, karena ini kan eranya digital seperti jasa keuangan digital saya belum begitu paham tentang keuangan online, karena banyak kasus–kasus seperti penipuan pinjaman online sehingga bergerak hati saya untuk mengikuti seminar ini bisa paham tentang jasa keuangan digital juga”, ungkap Bambang Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Semester 2.

Tak lupa, para pemateri dalam seminar tersebut saling memberikan harapan mengenai Fintech yang ada di Surabaya diantaranya diharapkan teman-teman di Surabaya memahami manfaat dan resiko dari Fintech yang digunakan, bisa meningkatkan literasi keuangan secara merata sehingga dapat meningkatkan inklusi keungan serta inklusi keuangan diharapkan tidak hanya berkembang di Ibukota saja tetapi juga bisa diseluruh Indonesia.

 

(Emeliya Devi - Indri Ratnasari)