Seminar Bidang Aplikasi Statistik Sebagai Upaya Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Prodi Ilmu Ekonomi


Almaslahah.com – (28/07/2022) Prodi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya berhasil mengadakan acara seminar pengembangan kompetensi mahasiswa semester 4 Prodi Ilmu Ekonomi bidang aplikasi statistik selama dua hari, yaitu pada hari Senin dan Selasa tanggal 25 dan 26 Juli 2022. Seminar kali ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan kompetensi Prodi Ilmu Ekonomi yang memiliki tujuan untuk pengembangan kompetensi mahasiswa dalam bidang statistik.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yang bertempat di Gedung Al-Ghozali Lt. 7 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya. Di hari pertama, kegiatan pengembangan kompetensi dalam bidang aplikasi statistik membahas tentang pengenalan kemiskinan secara kuantitatif dari tinjauan metodologi yang disampaikan oleh pemateri dari BPS Provinsi Jawa Timur yakni Bapak Abdus Salam, S.ST., M.E.

“Kemiskinan menjadi tema seminar karena kemiskinan merupakan suatu topik yang hangat selama bertahun-tahun sampai sekarang dalam lingkup pemerintah dan masyarakat luas. Kita sebagai masyarakat umum juga memikirkan pembekalan terkait kemiskinan”, ungkap Bapak Abdus Salam.

Bapak Abdus Salam memiliki harapan terkait materi yang disampaikan kepada mahasiswa semester 4 Prodi Ilmu Ekonomi kali ini, “Diharapkan mahasiswa dapat mengimplementasikan dan mengaplikasikan dalam bentuk tulisan seperti artikel ilmiah dan skripsi yang mengambil topik kemiskinan”.

Pada hari kedua kegiatan pengembangan kompetensi aplikasi statistik mengambil topik pelatihan Nvivo. Pemateri pada hari kedua ini diisi oleh Bapak Riyanto S.E., M.M dari Development Laboratory. Bapak Riyanto menjelaskan tentang manfaat dari tools Nvivo ini, “Terkait dengan pemanfaatannya, Nvivo ini masih jarang digunakan terutama untuk penelitian-penelitian S1, beberapa S2 hingga S3 sudah menerapkannya. Tetapi sekali lagi ketika pendekatannya kualitatif itu masih belum banyak yang menggunakan tools Nvivo”.

“Harapan saya secara dasar mereka paham bahwa didalam penelitian kualitatif atau mixed method terdapat tools-nya karena selama ini yang diketahui oleh mahasiswa yang hanya memiliki tools itu untuk pendekatan kauntitatif. Padahal kualitatifpun ada pendekatannya yaitu NVIVO. Terkait dengan itu, ketika sudah mengetahui konsep dasarnya mereka akan tertarik untuk mengupgrade penelitian kualitatif yang selama ini mungkin masih menggunakan pendekatan-pendekatan yang sederhana yang tidak menggunakan tools”, ungkap harapan Bapak Riyanto disampaikan kepada mahasiswa semester 4 Prodi Ilmu Ekonomi.

Dengan adanya kegiatan ini akan memberikan dampak positif bagi mahasiswa semester 4 Prodi Ilmu Ekonomi. Bu Betty Silfia selaku Sekretaris Panitia mengatakan seminar pengembangan kompetensi bidang aplikasi statistik sangat membantu mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir. “Seminar kali ini sangat penting sekali untuk nantinya bisa membantu mahasiswa dalam penyusunan tugas akhir. Karena skripsi kakak-kakak tingkat yang sudah lalu itu memang masih belum memahami bagaimana seharusnya metode penelitian itu digunakan”, ungkapnya.

Bu Betty juga menjelaskan seminar kali ini hanya untuk Prodi Ilmu Ekonomi Semester 4, “Ditujukan untuk Mahasiswa Ilmu Ekonomi Semester 4 karena sudah menempuh mata kuliah statistik dan ekonometrika, karena semakin sejak dini diperkenalkan maka disemester selanjutnya mahasiswa tidak bingung dengan data, tools, dan nantinya juga akan bertemu dengan mata kuliah metodologi penelitian”, ujarnya.

 

(Emeliya Devi - Indri Ratnasari)