Pelaksanaan PBAK 2021 Hari Kedua di FEBI UINSA



Almaslahah.com - (03/09/2021) – Pelaksanaan PBAK Online hari kedua berjalan dengan lancar meskipun ada kendala jaringan. Sebanyak 630 peserta mengikuti kegiatan PBAK yang dikawal 64 panitia menggunakan virtual ZOOM, Kegiatan hari kedua Pengenalan Budaya akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) mahasiswa baru dikenalkan mulai dari visi misi, struktur dan tata cara dan teknis pembelajaran daring selama pandemi dengan menggunakan digital platform, Sinau, google classroom, dan platform lainnya yang membantu pembelajaran berlangsung, serta mengenalkan UKM yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Kendala utama pelaksanaan PBAK Online 2021 ini adalah masalah jaringan yang sempat menunda dimulainya acara PBAK hari ini. Safira selaku PJ yang membimbing peserta PBAK tahun ini mengatakan kendala yang sering dialami peserta masalah jaringan zoom yang keluar masuk sendiri, masalah background peserta, dan masalah absensi.

“kendala paling sering terjadi masalah sinyal, background zoom yang mana terdapat mahasiswa yang belum tahu cara menggunakan zoom, dan kadang banyak peserta yang keluar masuk kita sebagai panitia harus sigap dengan masalah tersebut” Ujarnya.

“Perbedaan PBAK 2020 dan 2021 dari segi konsep PBAK. Tahun 2020 kami kaget karena tiba – tiba PBAK dilakukan secara online dan konsep juga kurang dan terdapat miss komunikasi antar panitia namun untuk tahun 2021 konsep lebih terencana dengan baik kami selaku panitia mengusahakan untuk tidak misskomunikasi agar lebih lancar waktu pelaksanaan berlangsung.” Lanjutnya.

Senada dengan Safira, Sahrul selaku Koordinator acara mengatakan kendala utama berasal dari jaringan, kemudian ia mengharapkan peserta memanfaatkan momen PBAK Online ini untuk mempelajari segala bentuk platform digital.

“untuk memeriahkan acara PBAK 2021 kami menggunakan media digital seperti tiktok, youtube, instagram tujuan kami adalah ingin mengajarkan para mahasiswa baru agar melek teknologi supaya tidak tertinggal zaman sekaligus juga mengunggulkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam agar lebih dikenal banyak orang dan mampu bersaing di era digital “ imbuhnya.

“Kendala yang terjadi pada hari pertama dan kedua ini adalah masalah jaringan. Hal ini sangat lumrah saat menjalankan kegiatan PBAK secara Virtual, kami selaku panitia berusaha maksimal agar kondisi tersebut bisa berjalan lancar kembali." Tutup Syahrul.

Adapun tanggapan dari Mahasiswa Baru FEBI selama 2 hari melaksakan PBAK secara daring, Bagus mengatakan “kegiatan PBAK secara daring dilakukan 2 hari ini seru acaranya namun saya merasa capek dan bosan melihat zoom berjam – jam dan rangkaian acara cukup banyak dan selesai sampai sekitar jam 5 sore dan minim akan interaksi.“ ujarnya

Sependapat dengan Bagus menurut Risma selaku mahasiswa baru prodi Ekonomi Syariah kendala jaringan juga mengganggu aktivitas berjalannya kegiatan PBAK yang terus mengganti perangkat dari laptop pertama dengan laptop lainnya.


Reporter : Sendy & Dwi