Kisah Inspiratif Indah Salimin, Perintis Perpustakaan Gratis di Kota Cepu



Sumber : ig@cepubacabuku

 

Indah Salimin merupakan mahasiswa lulusan Universitas Indonesia asal Blora Jawa Tengah yang juga seorang penggiat literasi sekaligus pendiri perpustakaan gratis di kota Cepu yang bernama Cepu Baca Buku (CBB). Cepu baca buku dibentuk pada tanggal 24 Juli 2017 akibat keprihatinan Indah terhadap kampung halamannya yang ia nilai kurang memerhatikan pentingnya literasi. Ia merasa bahwa kegiatan kreatif dan literasi masyarakat kota Cepu terutama anak mudanya masih kurang, berbeda dengan lingkungan tempat tinggalnya di Jakarta yang cenderung kreatif dan maju dalam diskusi literasi. Berlandaskan hal tersebut, Indah memutuskan untuk meninggalkan kota Jakarta dan menetap di Cepu guna mewujudkan keinginannya untuk membangun perpustakaan di kampung halamannya.

Banyak kendala yang harus dilalui Indah Salimin dalam mendirikan CBB, seperti minimnya koleksi buku, properti serta kurangnya relawan yang ikut serta dalam proses pendirian rumah buku ini. Ia bahkan harus mengajukan proposal kepada salah satu penerbit di Semarang supaya bisa mendapat tambahan koleksi buku perpustakaan dan juga menjadikan rumahnya sebagai tempat CBB. Akan tetapi, berkat usaha dan tekad kuatnya semakin lama semakin banyak relawan yang ia gandeng untuk ikut andil dalam proses operasiona CBB sehingga banyak donasi dari mereka berupa buku maupun donasi bentuk lain yang menjadikan CBB lebih  berkembang.

Ia melakukan berbagai trobosan untuk mengenalkan CBB kepada masyarakat luas yaitu dengan cara menggelar lapak buku gratis di Taman Kilometer 0 Pertamina Cepu dan kawasan Lapangan Atletik Cepu. Ia memilih kawasan itu karena lokasinya yang sangat strategis serta banyak sekali masyarakat yang lalu lalang disana baik dari kalangan anak kecil, anak muda, maupun orang dewasa. Mereka boleh membaca buku secara gratis dan jika ingin meminjam harus menyertakan kartu tanda pengenalnya. Selain itu, kegiatan lain yang tidak kalah menarik adalah pemutaran film, diskusi literasi dan budaya, bedah buku, reading club, dan masih banyak lagi. Namun dikarenakan pandemi, seluruh kegiatan CBB yang berada diluar terpaksa harus ditunda terlebih dahulu. Kegiatan offline yang biasa CBB lakukan, diganti dengan diskusi online via zoom maupun ig live yang tujuannya agar CBB tetap hidup. Dan berkaitan dengan peminjaman buku dilakukan di Rumah CBB yang berlokasi di Desa Tegal Rejo Timur No. 14 Cepu.

Berkat Kegigihannya, kini Cepu Baca Buku (CBB) berkembang cukup pesat serta sudah mengumpulkan ribuan koleksi buku. Bahkan media sosial (instagram) CBB yaitu @cepubacabuku sudah memiliki ribuan followers serta menjadi tempat catatan sejarah bagaimana Cepu Baca Buku berproses hingga seperti sekarang ini.

“Jangan hanya menuntut sesuatu, tetapi mulailah sesuatu untuk memantik ekosistem”

- Indah Salimin -

(qnt, hma)