Himaprodi Ekonomi Syariah Adaptif dalam Pelaksanaan Open Recruitment Anggota

Photo : Himaprodi Ekonomi Syariah


Almaslahah.com - (19/02), Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya melalukan musyawarah antar Badan Pengurus Harian dan Ketua-ketua departemen mengenai perekrutan anggota baru periode 2021-2022. Musyawarah tersebut dilaksanakan sebagai tidak lanjut dari beberapa rentetan tahapan dalam pelaksanaan Open Recruitment.

Pendaftaran tersebut dilakukan secara online yakni dengan mengisi google form dan mengirim berkas pendukung sebagaimana yang terdapat dalam persyaratan pendaftaran anggota baru. Adapun peserta yang dinyatakan lolos seleksi berkas, (14/02) harus bersedia mengikuti tahap wawancara melalui video call Whatsapp. Dalam tahap wawancara tersebut, (15/02) pertanyaan yang diajukan oleh anggota Badan Pengawas Harian (BPH) dan Ketua-ketua Departemen periode 2021-2022 meliputi dua pertanyaan terkait pengalaman keorganisasian serta pengetahuan mendalam untuk setiap departemen yang telah dipilih.

Husni Nurin, selaku Ketua Himaprodi Ekonomi Syariah terpilih periode 2021-2022 menyatakan bahwa open recruitment merupakan rentetan awal dalam organisasi. "Open Recruitment anggota Himaprodi merupakan rentetan awal dalam organisasi, namun disisi lain kami juga mencari inovasi agar bisa beradaptasi dengan situasi demi kemaslahatan bersama dan mematuhi regulasi yang ada, " katanya.  

Kegiatan ini dilakukan bersama-sama oleh Badan Pengurus Harian (BPH) Himaprodi Ekonomi Syariah 2021-2022 dan didampingi oleh DEMA (Dewan Eksekutif Mahasiswa) serta SEMA (Senat Mahasiswa) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Dikarenakan pandemi covid-19 yang saat ini masih terus berlanjut maka, pada periode ini perekrutan anggota dilakukan secara online dengan tujuan adaptasi digitalisasi untuk kemajuan Himaprodi Ekonomi Syariah dan mematuhi protokol kesehatan (adaptif). Hal ini merupakan wujud kepeduliaan dan adaptasi mahasiswa dengan adanya peraturan pemerintah dan inovasi terbaru dalam menjalankan roda organisasi.

DEMA (Dewan Eksekutif Mahasiswa) FEBI, Royan Jaluseta mengapresiasi atas terselanggaranya Open Recruitment ini, "Saya sangat mengapresiasi terkait open recruitment calon anggota pengurus Himaprodi Ekonomi Syariah. Walaupun dilakukan secara online, namun tidak mengurangi antusias Mahasiswa untuk senantiasa mengikuti prosedur-prosedur yang telah ditetapkan oleh panitia. Komunikasi serta koordinasi selama awal hingga akhir proses open recruitment juga tersusun dengan baik dan rapi. Hal baik seperti ini harus bisa dipertahankan hingga akhir kepengurusan nanti. Semoga awal yang baik ini dapat membawa manfaat untuk kepengurusan Himaprodi Ekonomi Syariah selama satu periode kedepan. 

“Dalam kondisi seperti memang kita dituntut untuk tetap survive dalam situasi dan kondisi apapun, sama halnya dengan organisasi kemahasiswaan Himaprodi Ekonomi Syariah khususnya yang sudah menjalankan proses pertamanya yaitu open recruitment pengurus Himaprodi yang tetap bisa berinovasi dalam menjalankan open recruitment sehingga tetap bisa menerapkan ketetapan yang ada dalam kondisi seperti ini dan tetap menjaga kesehatan anggota pengurus dan calon pengurus Himaprodi. Semoga Himaprodi Ekonomi Syariah bisa mempertahankan dan meningkatkan daya kreatifitas dan inovasinya meskipun ditengah kondisi seperti ini hingga akhir periode nanti” Imbuh M Chafid Muhlisin, selaku Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.