Seminggu Berjalan, Bagaimana Pelaksanaan Kuliah Online FEBI?

Kelas Online Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2017

Almaslahah.com – (22/03/2020) – Sudah berjalan seminggu kuliah online dilaksanakan. Berbagai platform dimanfaatkan seperti whatsapp group, google classroom, zoom dan platform lainnya. Tim Almaslahah telah melakukan survei melalui google form pada Jumat lalu dengan 135 responden. Hasil menunjukkan 39,3% mahasiswa memilih tidak puas, 42,2% mahasiswa cukup puas, 17% mahasiswa puas, dan 1,5% mahasiswa sangat puas dengan pelaksanaan kuliah online seminggu ini. 
Meskipun kebanyakan mahasiswa memilih cukup puas dalam perkuliahan, bukan berarti berjalan tanpa masalah. Namun, Ali Arifin selaku Dekan FEBI berkeyakinan sejauh ini sudah berjalan dengan baik.
“Banyak hal yang menjadikan proses perkuliahan online tidak atau kurang maksimal. Ketidaksiapan dosen dan mahasiswa serta perangkat IT dan jaringan faktor utama. Namun saya berkeyakinan, so far so good.” Tutur Ali Arifin saat dihubungi via Whatsapp

Beberapa dosen juga punya kendala terkait pelaksanaan kuliah online ini. Terutama penyesuaian terhadap pelaksanaan kuliah online karena ini pertama kali dilakukan, penyampaian dan penjelasan materi yang kurang mendalam serta kuota internet yang terbatas, selain itu penilaian terhadap mahasiswa lebih sulit karena tidak bisa melihat karakter dan keaktifannya secara langsung.

“Memang yang pertama terkendala kuota dan kurang bisa memberikan penjelasan yang lebih dalam kepada mahasiswa.” jelas Betty Silfia, salah satu dosen Ilmu Ekonomi FEBI.

“Jujur saya lebih suka offliine karena bertatap muka langsung dengan mahasiswa, kita bisa langsung menilai karakter dan keaktifan mereka.” Tutur Syaukin selaku Dosen FEBI.  

Sebagian besar keluhan mahasiswa yang mengarah pada sinyal yang tidak stabil dan kuota internet yang terbatas. Ali Arifin menyarankan pelaksanaan perkuliahan online menggunakan platform yang terjangkau. Sementara keluhan lain mengenai jadwal perkuliahan yang tidak sesuai seharusnya ada kesepakatan dosen dengan mahasiswa. 

“Soal waktu jika tidak ikuti jadwal, seharusnya ada kesepakatan dosen dengan mahasiswa kelas. Sekali lagi dikomunikasikan yang baik dan bijak.” Jelas Ali Arifin.

Dalam kondosi ini, Ali Arifin menghimbau kepada mahasiswa agar selalu berada di rumah. Kalaupun terpaksa, harus memakai masker dan membawa hand sanitizer. Selain itu, Ali Arifin juga berpesan agar mengambil hikmah dari kondisi yang sekarang terjadi.

“Lebih banyak waktu untuk kumpul dengan keluarga sehingga bisa total membantu hal yang bisa untuk kebaikan family baik secara agama,  ekonomis, pengetahuan maupun lainnya. ” Terang beliau.   

Reporter: (Dod/nkm/sin)
Gambar oleh: Ernawati