“Ok Print!” Antarkan KOPSYARMA FEBI UINSA Sabet Juara 1 Bussiness Plan Start Up 2019


(Kamis, 02/05/2019) Koperasi Mahasiswa Syariah (KOPSYARMA) FEBI UINSA berhasil meraih juara 1 dalam Lomba Kompetisi Rencana Bisnis Start Up Koperasi Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 24 sampai 26 April 2019 yang bertempat di Kebun Teh Wonosari, Toyomarto Lawang, Bodean Putuk, Toyomarto, Singosari, Malang. Kegiatan ini merupakan salah stau dari serangkaian Jambore Koperasi Nasional (JAMKOPNAS).

Dalam kejuaraan ini KOPSYARMA FEBI mengirim tiga orang perwakilannya yaitu Siti Alfia Ayu Rohmayanti, M. Rizki Fachrurrazi, dan Syarifuddin dengan rancangan proposal bisnis bertema “Ok Print; Ubah Sampah Jadi Makalah”. Rancangan bisnis yang sangat menarik ini berhasil meraih juara 1 dengan total nilai 890.

Ok Print merupakan sebuah aplikasi yang memudahkan mahasiswa untuk melakukan print secara online yang dibayar dengan deposito hasil penyetoran sampah di Bank Sampah Syariah (BSS). Program bisnis baru yang dikembangkan KOPSYARMA ini bekerja sama dengan empat mitra di sekitar kampus UINSA. Hasil print online ini nantinya bisa diambil langsung di KOPSYARMA atau memakai jasa antar. Selain dapat mengurangi sampah di sekitar kampus, bisnis ini juga akan sangat memudahkan mahasiswa.

“Bisnis ini memiliki peluang besar karena belum ada pesaing dengan usaha sejenis. Untuk tahun pertama, kami menyasar konsumen dari kalangan mahasiswa FEBI terlebih dahulu. Namun kami juga memproyeksikan untuk memperluas lingkup bisnis ini ke depannya. Selain itu, bisnis ini juga sudah memakai aplikasi online sesuai dengan perkembangan saat ini yang sudah memasuki era Revolusi Industri 4.0. Hal itu juga yang menjadi nilai lebih dari rancangan bisnis kami.”, Ujar Syarifuddin selaku delegasi KOPSYARMA dalam kejuaraan tersebut. 

Diraihnya prestasi ini tentu saja menambah keunggulan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Harapannya, prestasi ini juga bisa memotivasi mahasiswa yang lain agar senantiasa mengembangkan kompetensinya dan berani berkompetisi. Hal ini akan menunjukkan bahwa mahasiswa FEBI tidak hanya banyak dari segi kuantitas tapi juga berdaya saing dari segi kualitas.

(Ariza Qanita)