PBAK UINSA Kampus 1 Berhasil Digelar, Mahasiswa Membludak

sumber: dokumen pribadi

Almaslahah.com – (1/09/2022) Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) mahasiswa baru tahun 2022 hari pertama berhasil digelar secara offline. Opening Ceremony dilakukan dengan sambutan dari Rektor UINSA Akh. Muzakki bersama Ketua Sema-U dan Dema-U di depan Twin Tower Kampus 1 UINSA. Peserta PBAK terdiri dari mahasiswa yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Dakwah dan Komunikasi, Ushuludin dan Filsafat, Tarbiyah dan Keguruan , dan Syariah dan Hukum dengan total mencapai sekitar 3.500 peserta.

Dalam rangkaian PBAK hari pertama, peserta juga mengikuti kuliah umum yang berlokasi Gedung Sport Center and Multipurpose UINSA dengan penyampaian materi dari beberapa narasumber. Margaret Aliyatul Maimunah dengan mengusung topik Gender Awareness: Sexual Harassements and Gender-Based Violance mengatakan bahwa pengetahuan dan aksi merupakan dua hal penting dalam mengimplementasikan kesetaraan gender di lingkungan mahasiswa. “Pada akhirnya pengetahuan itu wajib. Artinya harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang gender, tentang berbagai persoalannya, tentang berbagai strategi penyelesaiannya, termasuk perangkat hukum, supporting system, dan lain sebagainya. Yang kedua, setelah pengetahuan, bagaimana pengetahuan itu benar-benar berubah menjadi manfaat nyata melalui aksi” Ujarnya.

Ketua Panitia PBAK Universitas. M. Syaikhul Arif mengatakan walaupun terdapat kendala, PBAK 2022 berjalan dengan lancar. “Meskipun ada problem-problem, tadi ada keterlambatan sedikit, kan ada sedikit miskom sama beberaapa temen-temen panitia di fakultas, cuman alhamdulillah masih bisa jalan” Ungkapnya. Selain itu, jumlah mahasiswa peserta PBAK yang sangat banyak juga tidak sebanding dengan fasilitas yang ada seperti gedung acara. Sama halnya dengan itu, salat dhuhur yang dilakukan di masjid kampus juga sampai harus bergantian.

Dalam berjalannya rangkaian acara juga sempat mengalami keterlambatan waktu sehingga memotong waktu istirahat bagi para mahasiswa.  

Disamping permasalahan yang ada, antusiasme mahasiwa untuk mengikuti rangkaian acara PBAK hari pertama terlihat baik. Milla, mahasiswa baru program studi ekonomi syariah asal Bawean merasa senang dengan kegiatan PBAK ini. “Seru. happy, tapi capek juga. Seru karena temen yang lain pada semangat.” Tuturnya.

Searah dengan itu, Syaiful, mahasiwa baru program studi ekonomi syariah, juga merasa senang dengan adanya kegiatan PBAK. “Senangnya karena dapat relasi baru, terus banyak temen, terus suasana baru” Ujarnya.

 

(Fahri, venda)