Mahasiswa sudah mulai investasi? Kenapa Tidak

Sumber: www.4trik.com
 

Oleh : Kharisma Galuh Cahyanti

    Seringkali kita mendengar bahwa investasi merupakan hal yang "menguntungkan". Namun beberapa orang enggan melakukannya karena beberapa alasan seperti, risiko yang akan dihadapi dan juga tidak adanya pemasukan yang tetap. Banyak ungkapan bahwa seseorang yang melakukan investasi harus mempunyai gaji yang besar dan pastinya pintar dalam hal perhitungan.

    Nah, tapi apakah semua itu benar adanya?

Jadi, investasi memang bukan berarti terbebas dari risiko namun kita harus mencoba melihat dari sisi lain bahwa investasi dapat menjaga aset dari adanya inflasi. Karena investasi di instrumen apapun akan selalu menjaga kebutuhan kita di masa depan. Lalu bagaimana caranya investasi tapi kita belum memiliki gaji tetap?. Dibawah ini merupakan beberapa jenis investasi yang bisa dilakukan oleh mahasiswa, dan pastinya tidak harus menyediakan nominal yang besar.

1. Investasi Saham

    Mungkin yang satu ini sudah tidak asing apalagi di lingkungan mahasiswa fakultas ekonomi. Banyak seminar bahkan pembelajaran di kelas yang menyampaikan tengang investasi satu ini. Ya, investasi saham merupakan instrumen yang bisa dilakukan dengan nominal kecil sekalipun. Banyak saham-saham yang bisa dibeli hanya dengan harga Rp 50.000 bahkan dibawahnya. Namun jika ingin membeli saham dengan risiko kecil mungkin bisa membelinya di kisaran harga Rp 300.000. Sangat bisa dijangkau dengan menyisihkan uang jajan bukan?

2. Reksa Dana

    Untuk instrumen kali ini mungkin sudah banyak juga yang tau atau bahkan sudah memilih untuk melakukan investasi. Jadi reksa dana merupakan wadah dari beberapa jenis instrumen investasi seperti saham, obligasi yang dikelola oleh badan hukum. Bahkan reksa dana ini bisa diperoleh dengan harga minimal Rp 10.000 saja.

3. Emas

    Semua orang sudah pasti mengetahui logam mulia satu ini. Jadi selain emas bisa dijadikan sebagai  perhiasan, emas juga bisa dijadikan instrumen investasi. Tapi yang perlu diketahui emas perhiasan merupakan pilihan yang salah jika dijadikan investasi karena keduanya memiliki fungsi yang berbeda. emas termasuk kategori mahal jika kita membelinya sebanyak 1 gram yaitu sekitar Rp 900.000-an. akan tetapi sekarang sudah banyak model emas investasi yang terjangkau bahkan berat terkecil bisa dibeli dengan harga Rp 30.000-an.

    ketiga jenis investasi diatas merupakan jenis investasi yang sangat terjangkau dan pastinya bisa dilakukan oleh mahasiswa. Karena walaupun masih fokus belajar, namun semua orang dapat berkesempatan untuk mencoba investasi dengan nominal yang kecil sekalipun.