Bakti Sosial Mahasiswa FEBI UINSA Untuk Korban Bencana Banjir di Probolinggo

 


Almaslahah.com - (18/03) Kamis kemarin pukul 09.00 WIB, sebanyak 16 orang perwakilan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Sunan Ampel Surabaya yang terdiri dari Dema, Sema dan Himaprodi mengadakan acara bakti sosial di desa Kedungdalem, Kecamatan Drigu Probolinggo. Lokasi ini dipilih dikarenakan cukup terdampak akibat banjir. Menurut warga sekitar ini merupakan ke-4 kali terjadi banjir, namun banjir ini merupakan yang terparah hingga mengakibatkan terputusnya jembatan serta sebanyak 5.692 jiwa mencakup 4 desa terkena dampak bencana tersebut. 

Sebelumnya, melalui Dema FEBI telah menggalang dana selama 4 hari sejak tanggal 12-15 Maret secara online dan offline dengan aksi galang dana kepada para pengendara jalan raya sekitar Surabaya. Total galang dana tersebut sebesar Rp 2.000.000 rupiah dan 25 paket sembako. Sebelum keberangkatan mereka, Ali Arifin serta Sirojul selaku Dekan dan Wakil Dekan 1 memberikan arahan sebelum keberangkatan menuju probolinggo untuk tetap melaksanakan 5M (memakai masker, menjaga jarak, memakai handsanitizer, mencuci tangan dan menjaga kebersihan).

Selain menyampaikan bantuan secara langsung, rombongan juga sempat menghibur anak-anak korban banjir dan membagikan 70 paket khusus diberikan kepada anak-anak di desa Kedungalem Probolinggo. “Tujuan kami untuk melakukan aksi peduli bencana di desa Dringu Probolinggo ini untuk mengembalikan senyuman serta optimis warga masyarakat agar bisa bangkit kembali dari musibah yang telah dihadapi. Tidak lain kegiatan yang kami lakukan agar jiwa rasa sosial kita saling membantu dan bisa mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat.” Ujar Fahath selaku Ketua Pelaksana bakti sosial.   

Royan Jaluseta juga mengharapkan kegiatan ini untuk memberikan kesadaran dan mendorong mahasiswa FEBI khususnya agar senantiasa membantu sesama. “Saya berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat memberikan kesadaran kepada seluruh masyarakat UINSA, khususnya FEBI untuk senantiasa membantu saudara” kita yang membutuhkan pertolongan, serta dapat menanamkan nilai” kemanusiaan dan kepedulian dalam diri kita semua.” Pungkasnya.

(Ddy, Slw, Sdy)