Hari Kedua PBAK, Maba Yang Sakit Tidak Lagi Terlantar

Gambar oleh: dma

Almaslahah.com - Selasa /15/08 Pada hari yang lalu, peserta PBAK 2019 UINSA yang sakit tidak mendapatkan tempat untuk penanganan pertolongan pertama. Berbeda dengan hari kedua. Saat ini, peserta yang sakit dibawa ke posko yang berlokasi di sebelah Bank BTN.

Menurut Ninik, ketua kesehatan dari Pramuka UINSA, total maba yang sakit sejak hari pertama hingga sekarang berjumlah 18 orang. Kebanyakan, peserta PBAK sakit dikarenakan asam lambung dan pola makan yang tidak teratur. Banyak peserta PBAK yang tidak sarapan juga menjadi faktor utama terjadinya badan lemas selama mengikuti kegiatan. Selain itu, sesak nafas juga menjadi salah satu penyebab peserta jatuh sakit.

Untuk kegiatan esok hari yang lebih banyak menggunakan ruangan di fakultas, petugas kesehatan berinisiatif dengan menambah petugas kesehatan. “Sebenarnya SK dari rektorat sendiri itu ada 13 petugas Pramuka yang dikerahkan, tapi kami berinisiatif sendiri untuk menambahkan. Jadi, ada 2 petugas kesehatan pada setiap fakultas.” Tutur Ninik.
Untuk pertolongan lebih lanjut, panitia mengantar peserta ke klinik UINSA. Sampai saat ini, sudah ada 6 orang yang dirawat di klinik.

(ddy/mrss/al)