Pentingnya Peran Para Pemuda Dalam Meyelesaikan Ketimpangan Sosial Ekonomi

doc. Almas
almaslahah.org – Kamis, (12/04) Himpunan Mahasiswa (HIMA) program studi Manajemen Zakat dan Wakaf (MAZAWA) fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya adakan acara seminar nasional dengan mengangkat tema “Saatnya Kaum Muda Menyelesaikan Ketimpangan Ekonomi Sosial Berbasis Filantropi”.  bertempat di Auditorium UIN Sunan Ampel. Diadakannya acara ini  merupakan Progam kerja dari HIMA MAZAWA di periode tahun 2018-2019.
        Acara tersebut diisi oleh lima pemateri yang berkompetensi di bidangnya, ada Ismail Nachu (ketua Ikatan Cencdekiawan Muslim Indonesia),  Muslih (Sekjen KNPI Jatim), Benny (Sekretaris BAZ Jatim), Salim Suharis (Pakar IT), serta Muhammad Hasby A. (Enterpreneur), dan diikuti oleh sekitar 400 peserta. “seminar ini dilaksanakan sebagai upaya pencarian solusi mengatasi ketimpangan sosial ekonomi, salah satunya dapat diatasi melalui ekonomi berbasis filantropi atau ekonomi non profit seperti zakat dan wakaf dengan kaum muda sebagai pelakunya’’ ujar Bangkit selaku ketua pelaksana.
Menurut Irfan Jauhari sebagai moderator, tema acara yang diangkat sangat pas diadakan saat ini, mengingat hari ini adalah zaman milenial yang mayoritas penduduknya ialah kaum muda, dan diharapkan setelah selesainya acara ini ada follow-up sebagai tindak lanjut untuk kedepannya. Oleh karenanya berbicara mengenai ketimpangan sosial ekonomi tersebut diharapan pemuda dapat berkontribusi dalam mengatasi permasalahan ekonomi Indonesia, melalui pengembangan zakat yang belum belum terdistribusi sempurna. (IND/SOF)