Rekap PBAK FEBI 2021 : "Support UMKM Go Digital"

 


Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2021 telah dilaksanakan pada 2 dan 3 September 2021 lalu. Ada hal baru dalam pelaksanaannya kali ini, mahasiswa baru turut andil dalam mempromosikan UMKM di sekitar lingkungannya melalui sosial Instagram. Hal ini dilakukan sebagai upaya nyata bagi mahasiswa FEBI untuk meningkatkan perekonomian bangsa yang dibalut dengan kegiatan PBAK.

“Jadi untuk supportnya kemarin temen-temen memberikan penugasan ke maba untuk membuat video konten tentang promosi pelaku UMKM yang ada di setiap daerahnya masing-masing dengan tujuan potensi UMKM yang ada di sekitar tempat tinggalnya dapat dikenal atau diketahui oleh masyarakat yang lebih luas.” Jelas Royan sebagai Ketua DEMA FEBI saat dihubungi melalui whatsapp.

Di tengah pandemi banyak sekali sektor yang terkena dampaknya, salah satunya adalah UMKM. Kebijakan PPKM Darurat yang ditetapkan pemerintah pada tanggal 3 Juli 2021 membuat para pelaku UMKM sangat berdampak. Dengan latar belakang tersebut program ini tercipta melalui panitia yang diimplementasikan bersama mahasiswa baru yang akan menempuh pendidikan di jurusan perekonomian.

Perubahan pola kehidupan masyarakat yang beralih pada digitalisasi membuat UMKM harus semakin melek teknologi. Berbagai media sosial dapat dimanfaatkan dalam hal penjualan produk dan promosi membuat upaya ini menjadi semakin bermanfaat. Melalui promosi pada media sosial, diharapkan dapat semakin memperluas jaringan pelanggan dari pelaku UMKM tersebut. 

“Melalui UMKM Go Digital ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan penjualan serta memperluas jaringan agar para pelaku UMKM tersebut tetap dapat survive meski pandemi belum usai” Ujar Chafidz selaku Ketua SEMA FEBI.

Acara PBAK sendiri dihari pertamanya dilaksanakan oleh universitas melalui platform Zoom Cloud Meeting untuk semua peserta PBAK 2021 dan beberapa perwakilan panitia PBAK yang melaksanakan tugasnya secara offline di kampus. Kegiatan ini dibuka oleh Masdar Hilmy selaku Rektor UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UINSA. Turut hadir pula beberapa tokoh yang menjadi narasumber pada PBAK kali ini seperti Yaqut Cholil Qoumas selaku Menteri Agama RI, Masdar Hilmy selaku Rektor UINSA, Nico Afinta Karo-Karo selaku Kapolda Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur, dan masih banyak lagi. Hal batu lainnya juga tampak Di dalam PBAK ini yaitu kegiatan Festival PBAK 2021 yang dimana seluruh peserta PBAK 2021 wajib membuat video pendek dengan tema “Moderasi Beragama”.

Pada hari kedua, dilaksanakanlah PBAK oleh Fakultas.Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui platform Zoom Cloud Meeting untuk semua peserta PBAK FEBI 2021 dan beberapa perwakilan panitia yang berkumpul di Fakultas FEBI. Dibuka dengan pemutaran video profil dan prestasi fakultas, yang dilanjut dengan beberapa materi dengan narasumber dari jajaran dekanat fakultas. Sahrir, yang diamanahkan menjadi ketua pelaksana PBAK FEBI 2021 membenarkan.

“PBAK diawali oleh pemutaran video profil sehingga mahasiswa baru dapat memahami sekilas terkait fakultas yang akan menjadi tempat pembelajaran mereka nantinya”. Ucapnya.