5 Alasan Mengapa Pentingnya Melakukan Investasi dari Sekarang!

 

Sumber : pexels.com

Penulis 

anggota LPM Al-maslahah

MIke Surya Wardani

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

Masih belum banyak generasi muda sekarang yang melek akan investasi. Hal ini mungkin karena tuntutan gaya hidup modern yang tinggi sehingga mereka merasa sulit untuk menyisihkan uang yang dimilikinya untuk berinvestasi.

Kita tidak akan pernah tau keadaan dimasa depan itu seperti apa. Gaji yang kita peroleh nantinya saat bekerja memang kelihatannya besar dan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tapi kedepannya kita akan menikah dan mempunyai anak. Sehingga gaji yang kita peroleh belum tentu bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan kita di masa yang akan datang. Kebutuhan kita akan uang semakin meningkat beriringan dengan fase kehidupan kita.

Maka, hal yang perlu kita siapkan adalah berinvestasi sejak usia muda. Investasi adalah kegiatan kita untuk mempersiapkan dana atau sumber daya lainnya sekarang untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Sebelum kita memutuskan untuk berinvestasi, maka kita harus mengetahui cara berivestasi dengan baik dan benar. Sehingga kita bisa meminimalkan persentase kerugian selama berinvestasi.

Terdapat beberapa manfaat jika kita berinvestasi saat usia muda, antara lain yaitu:

1. Persiapan masa tua yang cerah

Memasuki usia senja. meskipun kita memiliki keinginan untuk bekerja, tetapi fisik yang kita miliki tak lagi sekuat masa muda. Otomatis penghasilan yang kita dapatkan akan berkurang dibandingkan dengan masa usia produktif seperti sekarang ini.

Maka yang harus kita lakukan adalah berinvestasi di usia muda, untuk bisa menunjang kebutuhan di usia tua. Semakin cepat kita berinvestasi maka semakin baik.

2. Wujudkan kebebasan finansial

Hal ini merupakan keadaan dimana kita tidak harus lagi bekerja keras, karena kita telah memiliki penghasilan pasif yang bisa terus didapatkan. Setiap orang memiliki rencana keuangan masing-masing, untuk mewujudkan hal ini maka berinvestasi sedini mungkin pun menjadi solusinya.

3. Waktunya uang yang bekerja

Jangan hanya bekerja untuk uang, tapi biarkan uang bekerja untuk kita, caranya yaitu dengan berinvestasi. Ketika kita membeli sebuah produk investasi maka nilainya akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

4. Melatih kita untuk disiplin

Kita pasti pernah menghabiskan uang untuk bersenang-senang atau dengan membeli sesuatu yang tidak berguna.

Dengan kita berinvestasi maka kita akan terbiasa untuk menyisihkan uang, sehingga kita akan disiplin untuk selalu menggunakan uang kita untuk berinvestasi dari pada menggunakan uang tersbut untuk bersenang-senang atau membeli sesuatu yang tidak berguna. Kita harus bisa berpuasa dengan kesenangan sesaat demi mendapatkan kesenangan di usia tua.

5. Meningkatkan nilai aset dan kekayaaan kita

Asset yang dimaksud di sini tidak hanya berupa gedung atau property lainnya, tetapi uang yang kita miliki juga bisa disebut dengan aset, aset berupa ini jika disisihkan untuk investasi tentunya akan berkembang semakain banyak seiring dengan berjalannya waktu.