Perdana, Himaprodi Ilmu Ekonomi Adakan Uinsa Economic Competition

Pemenang INCOME EDC 2019 dan juri. Foto oleh: panitia


Almaslahah.com - Selasa, (3/9) Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi UIN Sunan Ampel Surabaya adakan olimpiade ekonomi, Uinsa Economic Competition (INCOME) tingkat SMA se-Jawa Timur. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari.


Sebanyak 80 tim dari Jawa Timur mengikuti babak semi final di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pada akhir acara (2/9) diumumkan dua tim dari MAN 2 Kota Malang, MAN 1 Jombang, SMAN 1 Jombang dan SMAN 1 Gresik dinyatakan lolos menuju babak final setelah mengalahkan 75 tim lainnya.

Berlanjut pada babak final pada hari Selasa (3/9) di lantai 5 FEBI. Setelah melewati beberapa tahap untuk menuju 3 besar, akhirnya diumumkan tiga  tim dengan perolehan poin tertinggi untuk menuju babak selanjutnya.  Dua tim dari MAN 2 Kota Malang dan SMAN 1 Gresik harus melanjutkan babak opini untuk memperebutkan predikat juara.

Usai babak opini, akhirnya Irnaz Sanika Adilah dan Wiwit Nur Rohmah dari  SMAN 1 Gresik berhasil meraih juara satu dengan total poin 753,5. Juara dua diraih oleh M. Jami Rofie dan Anissa Fatimatus Zahro dari MAN 2 Kota Malang dengan total poin 721. Juara tiga juga diraih oleh MAN 2 Kota Malang,  Iffah Nur Kharisma dan M. Iqna Ghibran dengan total poin 687,5. Harapan satu diraih oleh Syahrul Fatoni dan Aminun Ihsani dari SMAN 1 Jombang, terakhir harapan dua diraih oleh Elisya Mufadilah dan Ravicha Dwi Agustin dari MAN 1 Jombang.

“Kita belajar sendiri (tidak bimbel), kan sudah ada pembinaan dari sekolah jadi tinggal review dan baca-baca lagi." tutur Irnaz dan Wiwit dari SMAN 1 Gresik menceritakan persiapannya untuk INCOME.

Miratul Hasanah selaku ketua pelaksana menuturkan bahwa INCOME diadakan pertama kalinya untuk mengenalkan Prodi Ilmu Ekonomi kepada siswa, bukan hanya untuk kalangan umum saja. Menurutnya, ia sangat terkesan dengan acara ini dan berharap tahun depan bisa lebih matang lagi untuk konsep acaranya.

Sangat terkesan karena ini perdana dan alhamdulillah semeriah ini. Pesannya untuk panitia semoga tahun depan konsepnya bisa lebih matang lagi.  Tuturnya saat ditemui seusai acara.

(Cs/Dn/Ns)